manfaat vaksinasi

5 manfaat vaksinasi yang kamu perlu tahu

5 manfaat vaksinasi yang kamu perlu tahu. Tebak benda apa yang yang kecil mungil, hemat biaya, dan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menyelamatkan nyawa? Vaksin.

Vaksin merupakan salah satu alat kesehatan paling hemat biaya yang pernah ditemukan. Di negara-negara yang didukung Gavi, setiap USD 1 yang dikeluarkan untuk imunisasi menghasilkan USD 54 dalam manfaat sosial berkat orang-orang yang dapat hidup lebih lama dan hidup lebih sehat.

Kendati ada banyak informasi yang menyesatkan di luar sana tentang vaksin, kami ingin memastikan Anda memiliki fakta manfaat vaksinasi. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang vaksinasi.

1. Manfaat Vaksinasi menyelamatkan hingga 3 juta jiwa setiap tahun.

Vaksin sudah terbukti melindungi miliaran orang di seluruh dunia dalam perperangan melawan penyakit menular – dan kita jauh lebih maju dalam perjuangan ini daripada yang mungkin disadari masyarakat kebanyakan.

“Vaksin membantu mempersiapkan tubuh untuk melawan kuman penyebab penyakit, seperti bakteri dan virus,” tulis Gavi, the Vaccine Alliance. “Vaksin bekerja seperti pelatihan bagi sistem kekebalan tubuh — mengajarkannya untuk mengenali dan menghancurkan kuman sebelum mereka dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan tubuh secara signifikan.”

Jika cakupan vaksinasi global ditingkatkan, 1,5 juta jiwa tambahan dapat diselamatkan setiap tahun.

2. Vaksin memiliki rekam jejak keberhasilan yang sangat luar biasa dalam meningkatkan kualitas hidup

Ada sangat sedikit intervensi kesehatan yang memiliki efek global yang menyelamatkan jiwa. Upaya vaksinasi yang meluas telah membantu memberantas atau secara drastis mengurangi beberapa penyakit menular.

Sebagai contoh, pada tahun 2019 hanya ada 156 kasus virus polio liar yang dilaporkan — penyakit yang tidak ada obatnya dan hanya dapat dicegah dengan vaksin. Sebagai perbandingan, ada sekitar 350.000 kasus yang dilaporkan pada tahun 1988.

Penurunan yang luar biasa ini disebabkan oleh upaya global untuk melakukan vaksinasi polio pada anak-anak. Pada akhir tahun 2018, lebih dari 112 juta anak secara global telah diimunisasi terhadap polio.

3. Kematian anak-anak telah menurun lebih dari setengah di seluruh dunia.

Penurunan angka kematian anak yang signifikan merupakan dampak yang didapatkan dari satu intervensi kesehatan utama: vaksinasi. Kematian anak terkait penyakit yang tidak dapat dicegah dengan vaksin hanya menurun sedikit sejak tahun 1990.

Sebagai perbandingan, jumlah kematian anak yang disebabkan oleh penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi telah menurun secara dramatis – hampir 65% – antara tahun 1990 dan 2017.

Lebih banyak anak-anak dilindungi dengan imunitas terhadap penyakit menular sehingga membuka jalan bagi anak-anak untuk tumbuh dan menjadi orang dewasa yang sehat dan produktif.

4. Manfaat Vaksinasi untuk mengurangi resistensi antimikroba.

Imunisasi mencegah seseorang terinfeksi dengan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, sehingga mengurangi atau mencegah diperlukannya konsumsi antibiotik. Memanfaatkan vaksin yang ada dengan lebih baik dan mengembangkan vaksin baru adalah dua cara penting untuk mengatasi resistensi antibiotik dan mengurangi penyakit dan kematian yang dapat dicegah.

5. Vaksin merupakan pintu gerbang menuju perawatan kesehatan dasar.

Selain mendapatkan kekebalan tubuh, ada dampak tidak langsung lain yang terjadi ketika orang tua membawa anak-anak mereka untuk vaksinasi. Mendapatkan vaksinasi membuat keluarga berhubungan dengan sistem kesehatan lima kali atau lebih pada tahun pertama kehidupan seorang anak.

Interaksi rutin dengan petugas kesehatan juga memberikan kesempatan untuk mendidik orang tua baru tentang kesehatan dan perlindungan untuk keluarga. Kesempatan ini bisa menjadi peluang untuk membahas topik kesehatan penting lainnya, seperti penyakit tidak menular, masalah gizi, atau peran serta dalam intervensi kesehatan lainnya, seperti pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil (seperti skrining HIV, Hepatitis B, dll).

Bonus

Manfaat vaksinasi tidak hanya untuk menyelamatkan nyawa, namun juga membantu mengurangi kemiskinan. Pada tahun 2030, vaksin akan membantu mencegah 24 juta orang di negara-negara dengan kondisi ekonomi paling rendah di dunia dari kemiskinan dengan menjaga populasi tetap sehat, dapat bersekolah, bekerja dengan maksimal, dan berkontribusi secara positif untuk komunitas mereka.

Vaksinasi adalah tindakan kecil yang mempunyai dampak yang sangat besar. Itulah sebabnya kami berdedikasi untuk meningkatkan kesadaran dan akses vaksinasi untuk semua orang, di mana pun mereka berada.

Komentar