kematian terkait influenza tetap tinggi

Kematian Terkait Influenza Tetap Tinggi Setiap Tahun

Kalau kamu sempat takut dan panik tentang coronavirus tetapi kamu tidak melindungi diri dari Influenza, perspektif kamu terbalik.

Gambaran besar:
Wabah baru akan selalu menarik perhatian lebih dari penyakit umum, dan coronavirus adalah ancaman kesehatan yang memang serius. Tetapi peningkatan kewaspadaan yang baru saja kita dapatkan tentang infeksi mungkin akan lebih bermanfaat jika kita dapat mengarahkan sebagiannya terhadap kematian terkait influenza – virus yang secara signifikan lebih berbahaya dan menyebabkan angka sakit dan angka kematian yang tinggi setiap tahun.

Perbandingan Virus Corona dengan Kematian Terkait Influenza

Jenis virus corona baru ini telah membunuh 133 orang sejauh ini, semuanya di China. Hingga hari ini (29/1/2020) lebih dari 6.000 total kasus telah dilaporkan di seluruh dunia, meskipun banyak ahli yang percaya bahwa angka yang dilaporkan tersebut cenderung lebih rendah dari estimasi sesungguhnya.

Sebagai perbandingan, musim flu tahun ini telah menyebabkan 140,000 perawatan inap, 8.200 kematian terkait influenza, dengan setidaknya 15 juta kasus – dan itu hanya di Amerika Serikat. Data dari WHO menunjukkan, kematian terkait Influenza mencapai hingga 650,000 setiap tahunnya.

Data kematian terkait influenza terbaru di Indonesia tidak tersedia karena masih kurangnya perhatian terhadap Influenza — yang sangat sering diremehkan sebagai penyakit ringan.

Secara umum, virus pandemi seperti coronavirus menyebabkan lebih banyak kecemasan karena, tidak seperti flu, belum ada tindakan pencegahan awal pasti seperti vaksin, pengobatan dengan antivirus, pengujian diagnostik, dan sistem pemantauan.

Hal tersebut tersedia untuk flu, namun sayangnya tingkat vaksinasi Influenza dan penerapan pencegahan dasar di tingkat masyarakat masih tergolong sangat rendah. Contohnya saja, angka kepatuhan cuci tangan yang masih tergolong rendah, penerapan etika batuk, bersin, dan meludah yang belum baik, dan lain sebagainya.

“Flu bukanlah penyakit baru yang menjadi berita utama karena kami terpapar dengannya setiap tahun,” kata Emily Martin, seorang ahli epidemiologi di University of Michigan. Bahkan tidak jarang kita dengar sebutan seperti “Flu biasa” dari petugas kesehatan sendiri. Keterbiasaan membuat kita lebih cuek apabila dibandingkan dengan sesuatu yang baru.

Pertahankan Kesadaran Akan Bahaya Penyakit Menular

Sejak awal tahun 2020, Kejadian Luar Biasa Coronavirus telah menjungkirbalikkan kehidupan banyak warga Tiongkok (dan juga mencemaskan hampir seluruh dunia). Kejadian ini menuntut kita untuk lebih sadar akan pentingnya persiapan dan respons kesehatan masyarakat yang kuat.

Penting untuk diingat bahwa jika Anda khawatir tentang virus, banyak dari kematian karena Influenza yang setiap tahun terjadi, dapat dengan mudah dicegah.

Komentar