Menjaga Kesehatan di Tengah Polusi Udara Jakarta

Akhir-akhir ini netizen sedang ramai membicarakan tentang polusi udara Jakarta. Pasalnya, Airvisual—situs penyedia data kualitas udara yang berbasis di Switzerland—mengungkapkan bahwa Jakarta memiliki kualitas udara terburuk secara global dan termasuk kategori “sangat tidak sehat”. Greenpeace Indonesia pun mengatakan pada 2017, kualitas udara di Jakarta hanya dianggap sehat selama 29 hari, sementara 238 hari digambarkan sebagai sedang dan 92 hari lainnya dianggap tidak sehat. Pada 2018, udara di Jakarta dianggap tidak sehat selama 250 hari.

Kualitas udara yang buruk memberikan dampak yang cukup mengerikan bagi kesehatan tubuh. WHO memperkirakan sekitar 7 juta orang meninggal setiap tahun akibat terpapar partikel halus di udara berpolusi yang menembus jauh ke dalam paru-paru dan sistem kardiovaskular. Hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit termasuk stroke, penyakit jantung, kanker paru-paru, penyakit paru obstruktif kronis, dan infeksi saluran pernapasan.

Terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah paparan polusi udara Jakarta, antara lain:

  • Gunakan masker wajah tipe N95 ketika beraktivitas di luar ruangan, karena dapat menyaring partikel yang lebih kecil.
  • Ketika berolahraga di luar ruangan, cobalah untuk memilih daerah yang kurang tercemar polusi udara dan hindari waktu-waktu sibuk yang padat kendaraan.
  • Hindari kebiasaan untuk membakar limbah rumah tangga, karena asap yang dihasilkan dapat merusak kesehatan tubuh.
  • Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik, agar udara tetap segar dan terhindar dari penyakit di udara yang pengap.
  • Lakukan perjalanan ke daerah yang cukup jauh dari kota dengan tingkat polusi yang lebih rendah, agar tubuh dapat beristirahat sejenak. Sebab udara Jakarta yang sangat tercemar dapat membebani sistem kekebalan tubuh.
  • Lakukan vaksinasi influenza rutin setiap tahun untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terserang infeksi saluran pernapasan.

Penulis: Dwica Novianti

Source: https://jakartaglobe.id/ ; https://www.who.int/ ; https://www.thejakartapost.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *