Evakuasi WNI Larangan Perjalanan Untuk Cina

Efektif hari ini larangan perjalanan untuk Cina diberlakukan!

Pemerintah Indonesia Memberlakukan Larangan Perjalanan Untuk Cina. Setelah memulangkan 238 warga dari Wuhan dan kota-kota lain di Cina, pemerintah Indonesia pada hari Minggu menyatakan bahwa mereka akan menutup pintu bagi semua perjalanan ke dan dari Cina. Larangan perjalanan (travel ban) ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona yang mematikan dan sangat menular.


Larangan Perjalanan untuk Cina berlaku untuk perjalanan dari dan menuju Cina

Pemerintah Indonesia untuk sementara tidak akan mengizinkan semua pendatang yang tiba dari Cina dan sudah berada di negara tersebut selama 14 hari untuk masuk dan transit di Indonesia.

Larangan tersebut diberlakukan selepas dilakukannya evakuasi penduduk Indonesia dari Cina.

“Mereka akan menjalani observasi [di karantina] selama 14 hari. Periode observasi ini juga akan diterapkan pada 42 anggota pengangkutan udara dari Wuhan, sehingga 285 orang akan menjalani observasi ini. Mereka masih sehat sejauh ini,” kata Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi.

Larangan perjalanan ini — yang mulai berlaku sejak hari Senin (03/02) pukul 00:00 WIB — mencegah pengunjung yang telah berada di Cina selama 14 hari atau lebih untuk mengunjungi atau melakukan penerbangan transit di Indonesia. Pemerintah juga akan menangguhkan pemberian visa bebas kunjungan dan visa-on-arrival kepada warga negara Tiongkok.

“Semua pendatang yang tiba dari Cina daratan dan sudah berada di sana selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia,” kata Menlu Retno dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdanakusuman, Jakarta, sekitar pukul 15.30 WIB.

Pemerintah, kata Menlu, juga memutuskan menghentikan untuk sementara semua penerbangan langsung dari dan menuju Cina mulai Rabu (05/02) pukul 00:00 WIB.

Dalam hal larangan penerbangan untuk Cina ini Indonesia telah mengikuti sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Filipina dan Singapura dalam memberlakukan pembatasan perjalanan dari dan menuju Cina, di tengah cepatnya penularan virus corona di seluruh dunia.

Kasus kematian pertama di luar Cina

Tindakan pemerintah Indonesia mengenai larangan perjalanan untuk Cina ini juga dilakukan setelah seorang pria warga negara Cina meninggal dunia di Filipina setelah melakukan perjalanan dari Wuhan karena terinfeksi virus korona, yang disebut sebagai kasus kematian pertama di luar wilayah Cina.

Pasien itu adalah seorang pria warga negara Cina berusia 44 tahun yang berasal dari Wuhan, provinsi Hubei, tempat virus itu pertama kali terdeteksi.

Dia tampaknya telah terinfeksi sebelum tiba di Filipina, kata Organisasi Kesehatan Dunia, WHO.

Sementara Filipina baru-baru ini melaporkan kematian pertama di luar Cina terkait coronavirus pada hari Minggu, Indonesia belum mengkonfirmasi kasus apa pun.

Komentar