27 Negara Konfirmasi Virus Corona

Konfirmasi Virus Corona di 27 Negara

27 Negara Konfirmasi Virus Corona. Meningkatnya penyebaran wabah virus corona secara internasional, yang ditandai dengan konfirmasi kasus di beberapa negara di luar Cina, membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menetapkan PHEIC — dibaca “feik” — yaitu Public Health Emergency of International Concern (Darurat Kesehatan Masyarakat Yang Menjadi Perhatian Internasional) pada tanggal 31 Januari 2020.

Hingga hari ini, terdapat hampir 17,400 kasus terkonfirmasi di 28 negara dengan total angka kematian sebesar 361 kasus di Cina, dan 1 kasus di Filipina.


27 Wilayah & Negara Dengan Konfirmasi Virus Corona

Berdasarkan data hari ini (3/2/2020), berikut 27 negara & wilayah yang telah mengonfirmasi kasus terkait wabah virus corona diurutkan berdasarkan angka kematian dan angka konfirmasi kasus:

1. Cina
Sebagai pusat penyebaran virus corona, kasus konfirmasi positif mencapai lebih dari 17,000 penderita di 31 provinsi, dengan jumlah kasus kematian terkait virus corona sebanyak 361 kasus.

2. Filipina
Total kasus terkonfirmasi virus corona di Filipina adalah sebanyak 2 kasus. Hari Minggu, Filipina melaporkan 1 kematian terkait virus corona yang menjadikan Filipina sebagai negara pertama yang melaporkan kasus kematian di luar Cina.

3. Jepang
Jepang merupakan negara dengan kasus terkonfirmasi kedua terbanyak setelah Cina. 3 kasus baru dikonfirmasi tanggal 1 Februari yang menjadikan total 20 kasus terkonfirmasi, dengan 0 kematian.

4. Thailand
Setelah Jepang, kasus terkonfirmasi ketiga terbanyak (19 kasus terkonfirmasi, dan 0 kematian — semua kecuali 2 kasus adalah turis dari Cina) setelah Cina berada di Thailand. Sebelumnya Thailand menjadi negara di luar Cina pertama yang mengonfirmasi masuknya penderita corona ke negara itu.

5. Singapura
Semua kasus yang dikonfirmasi di Singapura (sebanyak 18 kasus terkonfirmasi, dan 0 kematian) adalah warga negara Cina dari Hubei. Tidak ada komunitas yang tersebar sejauh ini.

6. Hong Kong
Sejauh ini terdapat 15 kasus konfirmasi virus corona di Hong Kong.

7. Korea Selatan
Sejauh ini terdapat 15 kasus virus corona yang telah dikonfirmasi di Korea Selatan.

8. Jerman
Jerman mengonfirmasi 10 kasus virus corona, dengan 2 kasus di antaranya merupakan warga negara yang dievakuasi dari Wuhan, Cina Tengah.

9. Taiwan
Taiwan mengonfirmasi 10 kasus virus corona hingga saat ini.

10. Macau
Macau mengonfirmasi 8 kasus virus corona hingga saat ini.

11. Malaysia
Malaysia mengonfirmasi 8 kasus virus corona hingga saat ini.

12. Perancis
Perancis mengonfirmasi 6 kasus virus corona hingga saat ini.

13. Vietnam
Vietnam mengonfirmasi 6 kasus virus corona hingga saat ini.

14. Uni Emirat Arab
Uni Emirat Arab mengonfirmasi 5 kasus virus corona hingga saat ini.

15. Australia
Jumlah total kasus virus corona terkonfirmasi di Australia adalah sebanyak 12 kasus yang melibatkan 4 Negara Bagian. New South Wales dan Victoria masing-masing melaporkan 4 kasus, Queensland dan Australia Selatan masing-masing melaporkan 2 kasus.

16. Canada
Canada mengonfirmasi 4 kasus virus corona hingga saat ini.

17. India
India mengonfirmasi 2 kasus virus corona hingga saat ini.

18. Italia
Konfirmasi virus corona di Italia adalah sebanyak 2 kasus hingga saat ini.

19. Rusia
Sampai Jumat lalu, pemerintah Rusia mengonfirmasi 2 kasus virus corona hingga saat ini. Belum ada perkembangan kasus baru hingga saat ini.

20. United Kingdom
UK hingga saat ini sudah mengonfirmasi 2 kasus virus corona.

21. Amerika Serikat
Amerika serikat hingga saat ini telah melaporkan 9 kasus terkonfirmasi virus corona yang tersebar di 7 Negara Bagian. Chicago; IL dan Santa Clara; CA masing-masing melaporkan 2 kasus. Boston; MA, Los Angeles; CA, Orange; CA, Seattle; WA, dan Tempe; AZ masing-masing melaporkan 1 kasus.

22. Cambodia
Cambodia (Kamboja) mengonfirmasi 1 kasus virus corona hingga saat ini.

23. Finlandia
Finlandia mengonfirmasi 1 kasus virus corona hingga saat ini.

24. Nepal
Nepal mengonfirmasi 1 kasus virus corona hingga saat ini.

25. Spanyol
Negara Spanyol mengonfirmasi kasus virus corona Jumat lalu. Satu penderita teridentifikasi dari lima suspek yang memang sebelumnya sudah diisolasi pemerintah.

26. Sri Lanka
Sri Lanka mengonfirmasi satu kasus. Penderita merupakan warga China berumur 43 tahun.

27. Swedia
Swedia mengonfirmasi satu kasus pada Jumat lalu. Namun kewarganegaraan penderita tidak dibuka ke publik.

Komentar