wabah coronavirus bisa 10 kali lipat SARS

Wabah Coronavirus bisa 10 kali lipat SARS, Estimasi Pakar

Wabah Coronavirus bisa 10 kali lipat SARS

Seorang ahli virologi terkemuka Tiongkok telah memperingatkan bahwa wabah coronavirus bisa 10 kali lipat SARS — yang menewaskan hampir 800 orang di seluruh dunia pada tahun 2002-03.

current stats of wuhan coronavirus global outbreak
Source: China’s NHC, state media, and other authorities

Guan Yi, direktur State Key Laboratory of Emerging Infectious Diseases di Universitas Hong Kong, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan majalah Caixin pada hari Kamis bahwa setelah kunjungan singkat ke kota Cina tengah pada hari Selasa dan Rabu, ia “memilih untuk mengisolasi dirinya sendiri.”

“Perkiraan konservatif saya adalah bahwa wabah coronavirus bisa 10 kali lipat SARS [penyakit pernapasan akut yang parah].,” katanya.

Selama wabah SARS, yang juga disebabkan oleh coronavirus, 8.098 orang jatuh sakit di seluruh dunia dan 774 meninggal, menurut angka dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Di Cina daratan ada 5.327 kasus dan 348 kematian, dan di Hong Kong, 1.755 kasus dan 298 kematian.

Hingga Kamis tengah malam, sudah ada 17 kematian dan 583 kasus yang dikonfirmasi dari coronavirus baru – yang diberi nama 2019-nCoV oleh WHO. Provinsi Hubei, di mana Wuhan adalah ibu kotanya, telah bertanggung jawab atas semua kematian dan 444 kasus dari 571 kasus yang dikonfirmasi di Cina daratan.

12 kasus lainnya dilaporkan di Thailand, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, dan kota-kota Hong Kong dan Makau.

Isolasi Kota Terlambat, Momentum Pencegahan Coronavirus Terlewatkan

“Salah satu alasan untuk prediksi — bahwa wabah coronavirus bisa 10 kali lipat SARS — tersebut adalah bahwa pihak berwenang di Wuhan telah melewatkan kesempatan terbaik mereka untuk menahan penyebaran penyakit ini,” kata Guan.

Meskipun larangan bepergian telah diinformasikan di kota itu pada Kamis pagi, “golden period” untuk menahan virus telah berlalu, karena sebagian besar orang yang bepergian pulang untuk liburan Tahun Baru Imlek sudah pergi, katanya.

“Mereka mungkin telah melakukan kontak fisik dengan pasien di tempat umum dan masih dalam tahap inkubasi ketika mereka meninggalkan Wuhan. Mereka mungkin pembawa virus saat bepergian.”

Pada hari Rabu saja, 299.600 penumpang kereta berangkat dari Wuhan, salah satu pusat transportasi tersibuk di Tiongkok, menurut angka dari otoritas kereta api setempat. Informasi tentang jumlah orang yang telah meninggalkan kota melalui udara, jalan atau sungai tidak segera tersedia.

Guan mengatakan dia memperkirakan wabah akan memuncak selama akhir pekan, karena virus memiliki masa inkubasi yang belum diketahui pasti, tapi diestimasikan sekitar delapan hari.

Kesalahan penanganan wabah Coronavirus

Dia juga mengatakan bahwa bukti penting yang bisa digunakan untuk melacak sumber virus telah dihancurkan ketika pasar makanan laut di Wuhan – pusat penyebarannya – dicuci bersih. Sementara itu, otoritas kesehatan Cina mengatakan pada hari Kamis bahwa wabah di Wuhan telah menjadi epidemi komunitas yang penuh.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan dalam laporan terbarunya bahwa lebih dari separuh dari 198 orang yang terinfeksi yang disurvei belum pernah ke pasar makanan laut di Wuhan, juga tidak memiliki kontak dengan pasien yang terinfeksi.

“Transmisi di dalam komunitas diyakini terjadi di Wuhan,” kata laporan itu. Penilaiannya mengindikasikan bahwa epidemi sedang berlangsung di Wuhan dan penyebaran lebih lanjut hampir pasti”.

Wabah komunitas adalah tahap penyebaran penyakit ketika menyebar dengan transmisi dalam keluarga dan rumah sakit, ke komunitas yang lebih luas.

Investigasi epidemiologis menemukan bahwa 51 persen pasien yang diteliti tidak mengunjungi Pasar Grosir Makanan Laut Huanan atau melakukan kontak dengan pasien yang terinfeksi, kata CDC.

Hanya 22 persen memiliki paparan langsung ke pasar, dan 32 persen memiliki kontak dengan orang lain yang menunjukkan gejala demam atau pernapasan, katanya. CDC mengatakan bahwa petugas layanan kesehatan lain dicurigai terinfeksi, selain 15 orang yang sudah dikonfirmasi di Wuhan.

Dalam sebuah konferensi pers pada hari Rabu, Li Bin, direktur Komisi Kesehatan Nasional, mengatakan wabah komunitas telah ditemukan hanya di “daerah tertentu di kota”.

Adaptasi dan alih bahasa dari: https://www.scmp.com/news/china/article/3047319/wuhan-coronavirus-full-blown-community-epidemic-chinese-health

Komentar