wabah global coronavirus penyakit x

Apakah wabah global coronavirus 2019 ini adalah Penyakit X?

Dalam laporan tahunan 2018 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization; WHO), para pakar peneliti kesehatan menyatakan kekhawatirannya terhadap ‘Penyakit X’. Penyakit X mewakili kecurigaan bahwa wabah global (pandemi) yang berat dapat disebabkan oleh patogen yang ketika itu belum dikenal, WHO menerbitkan R&D Blueprint (Cetak biru penelitian dan pembangunan) secara eksplisit sebagai upaya untuk mempersiapkan litbang lintas sektoral yang juga relevan untuk “Penyakit X” tersebut.

Akhir tahun 2019 ditutup dengan ditemukannya kasus Pneumonia Berat dengan penyebab yang belum diketahui. Awal tahun 2020, penyebab penyakit tersebut diketahui merupakan Coronavirus jenis baru, yang diberi nama 2019 novel coronavirus (2019 n-CoV). Hingga saat ini, 2019 n-Cov telah menyebar ke beberapa negara, termasuk 1 kasus terbaru di Washington, Amerika Serikat pada tanggal 22 Januari 2020. Apakah wabah global coronavirus ini yang disebut sebagai penyakit X?

Penyakit X dalam Cetakan Biru Litbang Surveilans Penyakit Menular

Untuk keperluan Cetak Biru Litbang, WHO telah mengembangkan tools khusus untuk menentukan penyakit dan patogen mana yang akan diprioritaskan untuk penelitian dan pengembangan dalam konteks kedaruratatan kesehatan masyarakat. Tools ini berupaya mengidentifikasi penyakit-penyakit yang menimbulkan risiko kesehatan masyarakat karena tingginya potensi epidemiknya dan rendahnya upaya penanggulangan. Penyakit-penyakit yang diidentifikasi melalui proses ini adalah fokus dari pekerjaan Cetak Biru Litbang WHO.

Daftar pertama penyakit yang diprioritaskan dirilis pada Desember 2015. Dengan menggunakan metodologi prioritisasi yang diterbitkan (2016), daftar ini pertama kali ditinjau pada Januari 2017 dan yang kedua pada laporan akhir tahun 2018. Metodologi yang diperbarui dan daftar baru diantisipasi sebelum akhir 2019. Berikut daftar cetak biru litbang penyakit yang berpotensi menyebabkan wabah global:

• demam berdarah Krimea-Kongo (CCHF)

• Penyakit virus Ebola dan penyakit virus Marburg

• Demam lassa

• Koronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS)

• Penyakit nipah dan henipaviral

• Demam Rift Valley (RVF)

• Zika

• Penyakit X

Apakah Penyakit X adalah Wabah Global Coronavirus saat ini?

Komentar